Bank bibit solusi lahan kritis

 

Hidup kita bergantung pd tanaman. Tanaman adalah sandang dan pangan. Tanaman adalah sumber energi, bahan bangunan dan obat-obatan yang dapat menyelamatkan kehidupan. Bahkan binatang, unggas dan serangga pun bergantung pada tanaman. Tanaman adalah sumber kehidupan. Akan tetapi menurut hasil penelitian dari beberapa ahli bahwa seperempat dari tanaman yg ada di bumi ini dalam kurun waktu yang tidak begitu lama lagi akan mengalami kepunahan. Pelopor pelestari tanaman yang berlomba dengan waktu adalah proyek bank bibit.

Tujuan bank bibit yaitu menyimpan dan mengamankan serta menyelamatkan berbagai macam spesies tanaman dari kepunahan. Dengan menjalankan fungsi tersebut bank bibit merupakan cara yang mudah dan ekonomis guna melestarikan jenis tanaman apapun yang berbibit, dari herba yang terkecil hingga pohon tertinggi, tanaman belukar, bunga liar, bahkan tanaman semak dan rumput. Setelah melalui proses tertentu, semua bakal tanaman itu dapat dilestarikan dengan aman dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa dipergunakan setiap saat bila dibutuhkan.

Penyebab utama hilangnya keaneka ragaman spesies dan genetis dewasa ini adalah karena meluasnya praktek-praktek pertanian komersil dan modern. Penggunaan pestisida kimia yang berlebihan dalam jangka waktu panjang menjadi salah satu penyebab rusaknya ekosistem. Ketersediaan lahan pertanian yg semakin berkurang mendorong orang untuk membuka lahan di daerah sekitar hutan. Dengan demikian tanpa disadari hal tersebut akan banyak menimbulkan berbagai macam kerugian dan masalah, seperti hilangnya kesuburan tanah, hilangnya sumber mata air, kepunahan flora da fauna, bahaya erosi, banjir dan kekeringan. Dan yang lebih fatal lagi dapat mengakibatkan perubahan lingkungan global bagi masyarakat. Masalah ini akan bertambah berat sejalan denga meningkatnya luas areal hutan yang diubah menjadi lahan usaha lain. Salah satu upaya utk mengatasinya yaitu dengan diadakannya bank bibit yg akan menghasilkan ketersediaan segala macam bibit tanaman dengan kuantitas besar serta kualitasnya terjamin. Hasil dari ketersediaan bank bibit bertujuan untuk merehabilitasi, menanami lahan kritis dan lahan kosong serta tidak produktif di wilayah yang membutuhkan. Dengan penananaman tanaman yang dihasilkan oleh bank bibit maka akan dapat mempercepat rehabilasi lingkungan, serta mengembalikan ekosistem yang sehat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

01 Oktober 2019
Crp Bromo