PEMANFAATAN BAMBU HITAM UNTUK FURNITURE

Bambu merupakan jenis tanaman liar yang kini menjadi salah satu material alam yang banyak dijumpai di Indonesia, tanaman bambu banyak ditemukan di desa Palangsari, kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama masyarakat desa palangsari memanfaatkan bambu untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukan adanya interaksi antara masyarakat dengan bambu. Interaksi ini tergambar dari cara masyarakat memanfaatkan serta mengelola tanaman bambu untuk dibuat berbagai bahan baku bangunan maupun bahan baku kerajinan.

Dalam kehidupan masyarakat perdesaan, bambu memegang peranan fungsi sangat penting, karena memiliki sifat-sifat yang baik untuk dimanfaatkan dan dikelola, antara lain batangnya kuat, lurus, keras, rata, mudah dibelah, mudah dibentuk, dan ringan sehingga dalam pengangkutannya relatif mudah untuk diangkut. Harga bahan baku bambu relatif murah dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya, bambu menjadi tumbuhan serbaguna yang kaya akan manfaat bagi masyarakat pedesaan.

Setelah belajar banyak tentang potensi bambu, kami tim Wisma mencoba untuk membuat sebuah produk kerajinan berupa furniture rak bambu yang terbuat dari bambu hitam atau yang biasa dikenal dengan sebutan bambu wulung. Sebelum melakukan proses pembuatan terlebih dahulu kami melakukan pemotongan bambu di kebun/tegalan. Setelah melakukan pemotongan lalu bahan baku bambu hitam tersebut kami angkut ke tetirah.

Proses pembuatan kami mulai dengan memotong bambu tersebut sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, ukur dengan penggaris meteran untuk mengukur panjang pendeknya ukuran. Pemotongan bambu membutuhkan ketelitian  yang tinggi agar ukuran sesuai dengan perencanaan desain. Setelah bambu sudah terpotong beberapa bagian, langkah selanjutnya yaitu melubangi bambu sesuai dengan desain yang direncanakan.

Setelah bambu berhasil dilubangi setiap bagiannya lalu pasang dan susunlah beberapa potongan bambu tersebut sesuai dengan rencana atau gambaran yang ingin dibuat menjadi rak sepatu. Jangan lupa untuk memasang pengunci di bagian struktur dengan cara disopak menggunakan bambu dan lem. Setelah disopak dan dilem tunggu hingga kering. Untuk memperindah hasil produksi rak sepatu dari bambu dapat ditambahkan pernis agar rak sepatu nampak indah.

Penulis: Eko Rusadi dan Ardiansyah, mahasiswa dan Duta Wisma DDRD